Recent Posts

Bahtsul Masail


FIQH MU'AMALAH

  1. Pertanyaan:
Seringkali kita jumpai penjualan ayam potong dengan cara ditimbang bolehkah penjualan seperti itu ?

Jawaban:
Boleh, karena dengan cara penimbangan tersebut sudah tergolong mengetahui dengan tepat (dlobit) sedangkan jika sudah disembelih maka yang tidak diperlukan seperti kotoran dan bulu harus sudah dihilangkan .

Keterangan:
1.Hasyiyah Al Jamal juz III hal.43
2.Nihayatuzzain hal. 228


وعبارة حاشية الجمل الجزء الثالث  ص43

 (قوله أيضا وتعتبر رؤية تليق) فلا تصيح بيع اللبن فى الضرع الى ان قال....ولا المذبوح او جلده او لحمه قبل السلخ او السمط لخهالته وكذا مسلوخ لم ينق جوفه كما قاله الأذرعى وبيع وزنا فإن بيع جزافا صح بخلاف السمك والجراد فيصح مطلقاة لقلة ما فى جوفه . حاشية الجمل الثالث الاول صـ 43


وعبارة نهاية الزين ص228        

والرابع كونه معلوم القدر بكيل فىمكيل  او وزن فى موز او ذرع فى مذروع ويجوز التقدير بالوزن فى جميع ذلك الى ان قال ومحل جواز كيل الموزون ان عد الكيل فى مثله ضابطا
والاكتفاء المسلم والعنبر تعين وزنه لان يسيره المختلاف بالكيل والوزن مالية كثيرة بخلاف اللألئ الصغار لقلة تفاوتها كالقمح والفول اهـ

2.      Bagaimana hukum penjualan buah yang masih pentil dengan perjanjian akan dipetik setelah matang ?

Jawab:
Tidak boleh karena belum tampak baik.

Keterangan :
1. Hamisy Al Bajuri  juz I hal. 350

عبارة الباجورى  الجزء الاول  ص350

(ولايجوز بيع الثمرة) المنفردة عن الشجرة (مطلقا) اى عن شرط القطع (الا بعد بدو) اى ظهور (صلاحها) وهو فيما لايتلون انهاء حالها الى ما يقصد منها غالبا كحلاوة قصب وحموضة رمان ولين طين وفيما يتلون بان أخذ فى حمرة او اسواد كعناب والاجاص والبلح واما قبل بدو الصلاح فلا يصح مطلقا لامن صاحب الشجرة ولا من غيره الا بشرط القطع اهـ.
  1. pertanyaan :
Bagaimana hukum jual beli kulit binatang yang tidak halal dimakan seperti ular,macan dan sebagainya ?Apabila hukumnya haram , apkah ada jalan yang membolehkanya ?


Jawaban :
Menjual belikan kulit binatang yang tidak halal dimakan sebelum disamak itu hukumnya tidak sah , karena kulit tersebut masih najis kecuali dengan carapemindahan tangan dariketentuan (tidak dimaksudkan secara khusus).

Keterangan :
AL-Bajuri ,ala fathil Qorib

عبارته : البا جور على فتح القريب.
ونقل عن العلامة الرملى صحة بيع دار مبنية بسرجين فقط . وعلم من ذلك صحة بيع الحزف المخلوط بالرماد النجس كالأزيار والقلل والمواجير .وظاهر ذلك ان النجس مبيع تبعا للطاهر . والذى حقه ابن قاسم أن المبيع هو الطاهر . والنجس مأخوذ بكل نقل اليد عن الإختصاص فهو غير مبيع وغن قابله جزء من الثمن   


  1. Bagaimana hukumnya menjual kelapa yang belum dikupas?

Jawaban:
Hukumnya tidak sah. Akan tetapi bilamana mengikuti pendapat Imam baghowi hukumnya sah

Keterangan:
Fathul Mu’in Hamisyi ‘i’anatuttholibin Juz III hal.11

وعبارته :   فتح المعين هامش اعانة الطالبين الجز الثالث صـ 11
ولا يكفى رؤية القشرة العليا اذا انعقدت السفلى .   


  1. Bagaimana hukumnya membeli beras atau kedelai yang ada didalam wadah atau karuag   goni. Dan bagaimana hukumnya membeli barang yang dzohirnya baik,ternyata setelah dibeli ternyata  isinya tidak baik ?

Jawaban :

Sah, akan tetapi bilamana isinya tidak sesuai dengan dzohirnya maka musytari (pembeli) boleh khiyar.

Ketarangan :
Mahalli Juz II hal. 165

وعبارته :محلى الجزء الثالث صـ 165

 وتكفى رؤية بعض المبيع إن دل على باقيه كظاهر الصبرة من الحنطة والسعير والجوز واللوز  وغيرها مما الغالب ان لا يختلف اجزاءه ولا خيار له اذا رائ الباطن إلا إذا خلف الظاهر " قوله وغيرها " أى المذكورة فى الإكتفاء برؤية بعضها مثلا كالمائعات فى ظروفها الخ ...



  1. Bagaimana  hukumnya membeli barang yang ada didalam wadah yang tertutup rapat dengan tanpa membukanya lebih dulu ? Kemudian bilamana di buka akan menyebabkan barang yang di dalamnya menjadi rusak seperti, sus kaleng,atau cat.

Jawaban :
HHukumnya sah karena dengan tetap wadah atau kaleng tersebut dapat mendatangkan maslahah pada barang yang ada di dalamnya .


Keterangan :
Fathul Wahab Hamisyi AL-Bujairimi ‘ala Al Manhaj juz II hal.187

وعبارته : فتح الوهاب هامش البجيرمى الباجورى الجزء الثانى صـ187
أو لم يدل على با قيه بل كان صوانا بكسر الصاد وضمها للباقى لبقائه الى أن قال ويتسامح فقاع الكوز فلا يشترط رؤية شيء منه كما صححه فى الروضة " قوله ويتسامح فى الكوز "أى فى شراء ماء الكوز الذى فيه مع عدم رؤيته وهو بضم الفاءمعروف يباع فى أيام العيد فى قنانى القزاز ويسد فمها خوفا من خمو صته كما يدل عليه كلام الشارح لأن بقائه فيه من مصالحه

 


7.      Di masyarakat kita terjadi jual beli barang yang diharamkan ,dan itu terjadi ma’ruf  sekarang , benda itu diharamkan , yaitu jual beli ulat ,cacing ,semut , ular makanan burung ,bahkan harganya sangat mahal . Itu sudah jelas niatnya membeli ulat ,semut atau ular ,bukan ongkos menangkap atau ongkos membungkus barang.

   Pertanyaan :
   Bagaimana hukum jual beoli barang tersebut (ulat , cacing, semut atau ular) uatuk makanan burung ?
  
   Jawaban :
   Hukumnya terdapat khilaf (beda pendapat)dikalangan ulama’.Ada yang mengharamkan. Dan ada yang membolehkan ,karena ada unsure manfaatnya.

   Keterangan:
1.      AL-F iqhul Islami wa adillatuhu lisy syaikh Zahiliy juz IV , hal.181- 182 .
2.      AL- Fiqh ‘ala Madzhabil Arba’ah juz II hal.232.
3.      AL-Fiqh Islami wa adillatuhu juz ,IV hal .446.

4.      AL-Bujairimiy’alal Minhaj juz ,I hal.78.

وعبارته : الفقه الاسلامى وأدلته , لوهبة الزحبلى4/181-182
ولم يشترط الحنفية هذا الشرط ( أن يكون المبيع طاهرا لانجسا )فأجزوا بيع النجاسات كشعر الخنزير وجلد الميتة لانتفاع بها إلا ما ورد النهي عن بيعه منها كالخمر والخنزير والميتة والدم كما أجازوا بيع الحيوانات المتوحشة والمتنجس الذى يمكن الانتفاع به فى الأكل والضابط عندهم أن كل ما فيه منفعة يحل شرعا فإن بيعه يجوز لأن الاعيان خلقت لمنفعة الإنسان.

  وعبارة الفقه على مذهب الأربعة  2/232
  (وهذا القول عند الحنفية) ويصح بيع الحشرات والهوام كالحيات والعقارب اذا كان ينتفع به. والضابط عندهم ان كل ما فيه منفعة تحل شرعا فان بيعه يجوز.


8.      Bagaimana caranya menjual barang dengan dua macam harga yang berlainan antara cash
dan kridit ,antara kridit berjangka pendek dan kridit berjangka panjang ?

Jawaban :
Menjual barang dengan dua macam harga jika dilakukan dalam satu akad , hukumnya tidak boleh / tidak sah . Tetapi jika dilakukan dengan akad mustakil ( akad yang terpisah ) ,hukumnya boleh/ sah .

Keterangan :
1.      Tuhaftul Muhtaj Hamisy Asy- Asyarwani , juz ,IV, hal.294.
2.      Fathul Wahhab ,juz, I, HAL .165.

وعبارته : تخفة المحتاج بها مش الشروانى .
وعن بيعتين , رواه الترمذى وصححه بأن أي كأ ن يقول : بعتك بألف نقدا وألفين إلى سنة فخذ بأيهما شئت أنت وأنا أو شاء فلان للجهالة بخلافه بيألف نقدا وبألفين لسنة وبخلاف نصفه بألف ونصفه بألفين. اهـ

وعباريه: فتح الوهاب
(و) عن (بيعتين فى بيعة )رواه الترمذى وغيره وقال حسن صحيح (كبعتك ) هذا (بألف نقدا أو بألفين لسنة )فخذ ها بأيهما شئت أشاء وعدم الصحة فيه للجهل بالعوض .


9.      Dizaman yang semakin banyak tindakan kekerasan akibat dari krisis ekonomi yang
berkepanjangan banyak sekali orang – orang yang mencari ilmu kekebalan baik yang berupa hizib –hizib atau bacaan ataupun yang berupa azimat , pada suatu ketika ada seseorang yang membeli azimat kepada seorang kiyai , membuktikan azimat tersebut pada waktu itu juga dengan menyuruh pembeli memakai azimat dan membacok dengan senjata tajam ternyata memang nyata- nyata tidak mempan, kiyai berjanji apa bila zimat tersebut tidak ampuh disuruh mengembalikannya. Pada hari-hari pertama (sekitar tiga hari dari pembelian) memang terbukti keampuhan zimat tersebut namun pada hari berikutnya ternyata azimat tersebut tidak ampuh ……

Pertanyaan :
1.      Apakah keampuhan yang hannya tiga hari tersebut termasuk ‘aibul mabi’?
2.      Bolehkah bagi si pembeli menuntut sang kiyai untuk mengembalikan keampuhan azimat tersebut ?
Jawaban :
1.      Termasuk ‘aib ( cacat)
2.      Tidak boleh karena ‘aib tersebut terjadi di tangan pembeli.
 
Ketarangan:
1.      Astar Waniy IV hal.
2.      AL-Fiqh Islami IV /262
3.      AL- Bajuriy I /362

عبارة  الشروانى 4/
وهو وجود كل ما ينقض العين أوالقيمة نقصا يفوت به غرض صحي
وعبارته: الفقه السلامى 4/262
شروط ثبوت الخيار العيب : يشترط لثبوت الخيار العيب بعد الإ طلاع على العيب شروط هى : وجود العيب قبل العقد أو بعده قبل التسليم أى أن يكون قديما فلو حدث العيب بعد التسليم أوعند المشترى لا يثبت الخيار ألخ.

وعبارة  الباجورى 1/362
(قوله موجود قبل القبض ) أى قبل تمامه سواء قارن العقد أو حدث بعده وقبل القبض لأن المبيع حينئذ من ضمان البائع ومثل ذلك ما إذا حدث بعد القبض وكان الخيار للبائع وحده إلى أن قال ولو حدث عند المشترى عيب أخر سقط الرد القهرى ثم إن رضى البائع الحادث رد عليه المشترى بلا أرش له c

10.  Karena perkembangan produksi dan perusahaan yang begitu pesat ,maka pemasarannyapun lebih sulit. Sehingga untuk memperbanyak pelanggan, banyak sekali cara yang ditempuh diantarannya perusahaan tersebut menitipkan barang-barang ditoko untuk dijualkan, dan perusahaan

memberi tarip penjualan sedangkan toko atau pelangan bebas untuk memberi  tarip penjualan.

Pertanyaan :
1. Dikatakan transaksi apakah system tersebut ?
2. Apakah wajib dizakati keuntungan yang diperoleh pihak took ?

Jawaban :
1.      Tafsil, bila masalah keuntungan tersebut dalam akad , maka termasuk wakalh shohihah. Dan bila masalah tersebut disebut dalam akad, maka termasuk wakalah fasidah.
2.      Bila wakalahnya fasidah, maka semua keuntungan harus dikembalikan pada prodisen, dan pihak toko berhak menerima ujroh misil. Bila tidak ada niat ujr, maka wajib zakat kecuali bila ujroh tersebut berupa naqd yang sudah mencapai satu nisob dan satu tahun, maka wajib zaktul ain.

Keterangan :
1.      Al – Yaaqutin Nafis  hal. 97
2.      Buhyatul Mustarsyidin   hal. 151
3.      Qulyubi  II/262
4.      Al – Bujairimi  ‘Alal Minhaj  II/442
5.      I’anatuth Tholibin   III/163
6.      Kifayatul Akhyar  I/178

عبارة الياقوت الفيس  97
الوكالة اصطلاحا : تفويض شحص ماله مما يقبله النيابة إلى غيره بصيغة لاليفعله بعد موته

وعبارة  بغية المسترشدين  151
(مسئلة) قال لاخر بع هذا بمكان كذا ولك من ربحه الربع مثلا فسدت الوكالة لففساد الصيغة بجهالة الجعل ونفذ  تصرفه لعموم الاذن واستحق أجرة المثل ربح ام لا – إلى ان قال – ولا يلزم الوكيل فعل ماوكل فيه ولو بجعل ما لم تكن بلفظ الاجارة بشرطها.

وعبارة قليوبى وعميرة  2/262
ولو شركط ان تحدث زوائده كثمار الشجر ونتاج الشياة مرهونة فالاظهر فساد الشرط لأنه مجهول معدومة.

وعبارة البجيرمى على المنهاج  2/442
ومنه امتناع ما يقع كثيرا من إختيار شحص حاذقا لشراء متاع فيشتريه باقل من قيمته لحذقه ومعرفته ويأخذ لنفسه تمام القيمة معللا ذلك بأنه هو الذى وفره لحذقه – إلى أن قال – فيجب عليه رد ما بقي لمالكه لما ذكر من إمكان مراجعته.

وعبارة اعانة الطالبين 3/163
(قوله لان الحاصل له) أى لأن الشيئ الذى يحصل لصاحب الارض يأخذ مما يستخرجه الارض أجرة أرضه وهى لازكاة فيها وفى فتاوى ابن حجر ما نصه : سئل عن من اكرى مزرعة لأحد على ان له شيئا معلوما من الغلة كل سنة فهل يجب عليه إذا أخذ تلك الأجرة أن يؤدي زكاتها اذا بلغت نصابا أولا ؟ واذا كانت الأجرة نقدا ماذا حكمها ؟ فأجب بقوله لاتلزم زكاة الأجرة ان كانت حبا إلا إذا كانت للتجارة ووجدت فيها شروطها ولاتلزم زكاتها اذا كانت نقدا الا إن مضى عليه حول فمن حين ملكها وهى نصاب.
وعبارة كفاية الاخيار  1/178
ولو أجر الشحص ماله او نفسه وقصد بالأجرة إذا كانت عرضا للتجارة تصير مال تجارة لأن الإجارة معاوضة وكذا الحكم فيما اذا كان تصرفه فى المنافع بأن كان يستئجر المستغلات ويؤجرها على قصد التجارة فإذا اردت معرفة ما يصير مال تجارة وما لايصير فا حفظ الضابط وقل كل عرض ملك بمعاوضة محضة بقصد التجارة فهو مال تجارة فإن لم تكن معاوضة أو كانت ولكنها غير محضة فلا تصير العروض مال تجارة وإن قصد التجارة.


11.   Sudah memjadi tradisi dikalangan petani tembakau dimadura ,taitu ketika tembakau selesai dirajang (di iris halus ) dan hendak dijemur ,maka ditambah atau dicampur gula bubuk dengan tujuan uatuk memberikan nilai tambah pada aroma dan cita rasa tembakau . Sedang


jumlah gula yang dicampur itu seriang sampai beberapa kilogram sehingga berat tembakau menjadi tambah dengan berat gula.
       
      Pertanyaan :
1.      Bagaimana hukum mencampuri tembakau dengan gula sebagaimana diatas ?
2.      Bagaimana hukum transaksi tembakau campuran tersebut yang sebagian besar  (atau bahkan seluruhnya) hanya menggunakan sighot menjual/ membeli tembakau?

Jawaban :
1.      Boleh kalau tidak ada tujuan menipu (tadlis).
2.      Boleh kalau kadar tembakaunya diketahui.

Keterangan :
1.      Bughyatul Mustarsyidin hal.126
2.      Bujairomi ,Alal Khotib III/6

عبارة بغية المسترشدين:
يحرم بيع التنباك ممن يشربه او يسقيه غيره ويصح لأنه مال –الى ان قال – ويجوز خلط الطعام الرئ بالطعام الجيد ان كان ظاهرا يعامه المشترى وليس ذلك من الغش المحرم وان كان الأولى اجتنابه اذ ضابط الغش ان يعلم ذو السلعة فيها شيئا لو الطلع عليه مريدها لم يأخذها بذلك المقابل فيجيب اعلامه حينئذز
وعبارة بجيرمى :
والشرط الخامس العلم به للعاقدين عينا وقدرا وصفة (قوله عينا)أىبالمعين غير المختلط كصاع من صبرة  - الى ان قال – والحاصل أن المبيع إن كان معينا غير المختلط بعير المبيع كفت معاينته عن معرفة قدره تحقيقا بمعنى أنه لايشترط معرفة
13

القدر بكيل ولا وزن ولاذرع وان كان فى الذمة او مختلط بغيره كصاع من صبرة فالشرط العلم بقدره وصفته لاعينه اهـ

  
12.  Telah banyak kita ketahui bahwa bisnis mobil atau lainnyamenggunakan berbagai macam srtategi .Diantaranya dengan sisem menjual dengan garansi jamian servis atau pengambilan barang .

Pertanyaan :

1. Sahkah jual beli dengan sistemresebut .?
2. Bagamana pandangan syara’ mengenai jaminan tersebut ?                       

      Jawaban :
1.      Akad tersebut tidak sah , jika jaminannya disebut dalam akad atau sesudah         
akad akantetapi belum luzum , akan tetapi jaminan pengambilan tetap sah berdasarkan dua orang yang berkompenten , dan a,ib ( kerusakan) dalam masa garansi itu masih ada kaitannya dengan sebab qodim ( kerusakan yang terdapat pada barang terjadi ketika barang masih berada di tangan penjual ).
2.      Pandangan syara’ terhadap jaminan tersebut adalah sbb:
·         Haram dan tidak dianggap .jika sampai membatalkan akad.
·         Sah dan wajib dipenuhi / menjalankan jika disebutkan dalam akad. 
·         Sah dan tidak dianggap , jika disebut diluar akad atau sesudah luzum .


Keterangan:
1.      Nihayatul Muhtaj III/451
2.      Bughyatul Mustarsyidin 129
3.      AL –Majmu’IX/ 364 dan 374
4.      Talkhisul Murod 122
5.      Mughnil Muhtaj II/52
6.      Al Fatawi AL Kubro II/ 273-274
7.      Asy Syarwani IV/ 301

عبارة  نهاية المختاج
والحاصل من كلامهم ان كل شرط مناف لمقتضى العقد انما يبطله اذا وقع فى صلبه او بعده وقبل لزومه بخلاف ما تقدم عليه ولو فى مجلسه . اهـ .

وعبارة  بغية المسترشدين
(مسئلة ش) اشترى بذار فادعى قبل بذره انه لايثبت فإن علم عدم انباته بقول خبيرين خير بين الفسخ والا جارة بلا أرش ولا نقول يبذر قليلا لعلم الانبات وعدمه اذ بذلك يتلف بعض المبيع الموجب عدم الرد فان عدم الخبيران او اختلفا صدق المشترى بيمينه . اهـ.

 وعبارة   المجموع
اما الاحكام فقال اصحابنا الشرط خمسة اضرب احدها ماهو من مقتضى العقد بان بعاه بشرط خيار المجلس او تسليم المبيع او رد بالعيب الى ان قال فهذا


لايفسد العقد بلاجلاف لما ذكره المصنف ويكون يشطه توكيدا وبيانا لمقتضاه . اهـ .

وعبارة  مغنى المختاج
ولو حدث العيب بعده اى القبض فلاخيار فى الرد به الى قوله الا ان يستند الى سبب متقدم على القبض او العقد ويجهله المشترى كقطعه اى المبيع العبد اوالامة بجناية او سرقة سابقة على القبض فيثبت الرد بذلك فى الأصح لان قطعه لتقدم سببه كالمتقدم اهـ.

وعبارة  تلحيص المراد هامش البغية  2/122
(مسئلة) تعاطى العقود الفاسدة حرام اذا قصد بها تحقيق حكم شرعي ويأثم العالم بذلك ويعزر لاما صدر منه تلاعبا او لم يقصد به تحقيق حكم لم يثبت مقتضاه عليه اهـ.
وعبارة الفتاوى الكبرى  2/273و274
فان قلت مالفرق بين بع واشهد وبعتك واحصده اذ هذا يتضمن الاشطراط دون الاول قلت الفرق بينهما واضح بما يأتى لان ايقاع هذا فى صلب العقد اخرجه عن خيز لو عد الى خير الإشتراط بخلاف واشهد فانه وقع امرا مجردا غير واقع فى صلب عقد مشتمل على ايجاب وقبول فلم يختف به ما يصرف الى الاشتراط ويخرج عن موضعه من كون امرا مجردا الى قوله وظاهر كلام بعضهم  ان وحصده  ليس شرطا والمعتمد الاول اهـ.

وعبارة المجموع 9/374
(فرع) الشط المقارن للعقد يلحق فان كان شرطا صحيحا لزوم الوفاء به وان كان فاسدا افسد القعد واما الشرط السابق فلا يلحق العقد ولايؤثر فيه فلا يلزم الوفاء به ولا يفسد العقد به ان كان شرطا فاسدا لان ما قبل  العقد لغو هكذا نص عليه وقطع به الأصحاب واما شرط الذى يشترط بعد تمام العقد فان كان بعد لزوم العقد بانقضاء الخيار فو لغو قطعا اهـ.

وعبارة  الروانى 4/301
(تنبيه) الشرط المؤثرة هنا ما وقع فى صلب العقد من المبدئ به الى قوله ويلحق بالواقع فى صلب العقد الواقع بعده فى زمان خياره مجلسا او شرطا ان كان من البائع وافقه المشترى عليه وعكسه
 (قوله الشرط المؤثر) اى المقتضى لبطلان العقد او اللزو م الوفاء بذلك الشرط(قوله هنا) اى فى البيع اهـ.

13.  Si Zaid membeli sepeda motor pada dealer dengan harga Rp 3. 500. 000,-  secara angsuaran (kredit) selama 2 (dua) tahun dengan ketentuan angsuran pembayaran yan sudah disepakati oleh kedua belah pihak, sedang menurut peraturan dari dealer BPKB sepeda motor tersebut tidak bisa dgiserah terimakan pada pembeli sebelum angsuran  tersebut dilunasi. Setelah mendapat angsuran separoh dari harga, si Zahid menjualnya pada Bakar secara kontan karena ia membutuhkan uang  yang sekaligus untuk meneruskan angsuran sampai lunas agar sepeda motor tersebut tidak ditarik oleh dealer.

Pertanyaan :
1.      Bagaimana status BPKB sepeda motor tersebut ?
2.      Bagaimana hukum jual beli sepeda motor tersebut (antara zaid dengan dealer  secara kredit) da (antara Zaid dengan Bakar secara kontan) ?
3.      Bagaimana hukum penarikan kembali sepeda motor oleh pihak dealer dari tagan pembeli, dikarenakan tidak bisa dilunasi dalam jangka waktu yang telah ditentukan ?

Jawaban :
1.      BPKB tersebut sebagai wasiqah ‘aqdi. (jaminan akad)
2.      Tidak sah karena ada akad yang berlawanan dengan konsekuensi aqad, demikian pula hukum jual beli antara Zaid dan Bakar, karena termasuk البع الفضول   (jual beli dari pihak yang tidak memiliki kewenangan terhadap barang).
Mengenai  persyaratan yang berbentuk tulisan tetap dikatakan sebagai syarat yang sah, karena al-kitabah termasuk al-kinayah (yang keabsahnya membutuhkan niat), dimana dalam hal ini jelas membutuhkan adanya niat .
Namun jual beli ini sah menurut  madzhab yang meggunakan pendekatan al-istihsan dan atau dengan menempatkan kebutuhan umum sebagai kebutuhan yang mendesak.

3.      Berpijak pada qaul yang tidak mengesahkan, maka pihak dealer boleh //menarik kembali sepeda motor disamping harus mengembalikan angsuran yang telah diterima .


Kalau menurut qaul yang mengesahkan, maka tidak boeh ditarik kembali kecuali terjadi افلاس االمشترى   (tidak mampu membayar) dan barang masih berada ditanagannya.

Keterangan :
1.      Tafsir Al-Jalalain  I/44
2.      Al-Fiqh Al Islamy VI/728
3.      Tafsir al Maroghi I/76

عبارة  التفسير الجلالين1/44
(ياأيها الذين أمنوا اذا تداينتم )تعا ملتم (بدين ) كسلم وقرض (إلى أجل مسمى )معلوم (فاكتبوه )استيثاقا  دفعا للنزعز

وعبارة فقه الإسلامى 6/782
الكتابة :ولثبات الحق بواسطة دليل كتابى معد مسبقا وهى حجة باتفاق الفقهاء لقوله تعلى : "يا أيها الذين أمنوا أذا تداينتم بدين إلى أجل مسمى
فاكتبوه . " والكتابة من قبيل الاقرار  وقد نص فقهاء الحنفية على أنه يعمل بدفتر السمسار والصراف والبياع لان كل واحد من هؤلاء لايكتب فى دفتره إلاماله وعليه .

وعبارة  تفسير المراغى 1/76
وفى هذا ايماء ألى ان للشاهد ان يطلب وثيقة العقد المكتوب ليتذكر ما فى الاموال حين كتابتها واملائها .

14.         Banyak kita jumpai anak kecil disuruh orang tuanya untuk membeli suatu        barang atau atas atas kehendak sendiri dengan uang yang ia miliki .

Pertanyaan :
1.      Sahkah jual beli yang dilakukan anak kecil ?

Jawaban :
1.      Transaksi yang dilakukan anak kecil hukumnya tidak sah . Namun didalam  kitab kifayatul Ahyar di terangkan bahwa jual beli mu’athoh dengan syarat saling merelakan dan barang yang di beli sebanding dengan harga . Didalam kitab diterangkan bahwa jual beli tersebut hukumnya sah  apa bila barng yang dibeli termasuk barang yang remeh .

Keterangan :
1.      Kifayatul AhtarI/240


عبارة كفاية الاخيار 1/.42
نصه : قلت ومما عمت به البلوى بعثان الصغائر الحوائج واطردت فيه العادة فى سائر البلاد وقد تدعوا لضرورة الى ذلك فينبغى الحاق ذلك بالمطاة اذا كان الحكم دائرا مع العرف مع ان المعتبر فى ذلك التراضى ليجرج بالصيغة عن اكل مال الغير بالباطل فانها د الة على الرضا فاذا وجد المعنى الذى اشترت الصيغة لاجله فينبغى ان يكون هو المعتمد بشرط ان يكون المأخذ بعد الثمن . اهـ

15.  Pertanyaan :
Bagaimana jual belinya maklar ?

Jawaban  :
Hukumnya sah , apabila mengikuti bab wakalah . Apabila tidak maka tidak sah . Demikian pula apabila mengikuti bab bai’ yang memenuhi syarat – syaratnya , maka juga sah .


Keterangan :
1.      Syarqowi II/ 107
2.      Fathul Mu’in 67


         عبارة  الشرقاوى 2/1.7
تصح الوكالة فى العقود وغيرها إلا فى مجهول مطلقا ( فى العقود ) كبيع وهبة ووصية وحوالة  أهـ.

وعبارة  فتح المعين 67
ولوقال متوسط للبائع فبعث فقال نعم او اى وقال للمشترى اشتريت فقال نعم صح  اهـ.


16.  Bolehkah memjual ampas tahu untuk makanan babi . Dan apbila tidak                  diperbolehkan apakah ada pendapat yang membolehkannya  ? 

Jawaban :
      Hukumnya tafsil :

·         Apa bila yakin atau berprasangka bahwa ampas tahu tersebut untuk       makanan babi maka, hukumnya haram
·         Apa bila hanya beranggapan untuk makanan babi , maka hukumnya  makruh.
                 
Keterangan :
      Fathul Mu’in Hamisyi I’anah III/ 24
     
عبارة  فتح المعين هامش إعانة الطالبين 3/ 24
ما نصه : وحرم بيع نحو عنب ممن علم أو ظن أنه يتخذه خمرا للشرب _ الى ان قال _ ونحو ذلك من كل تصرف يفضى إلى معصية يقينا أو طنا اهـ.

17.     Bagamana hukumnya menjual bekicot / satenya ?

Jawaban :
Hukumnya tidak sah dan haram karena termasuk menjual bangkai atau barang najis dan membantu dalam kemaksiatan
  
Keterangan :
1.      Fathul Mahab Hamisyi Al Bujairimy II / 176- 177
2.    Fathul Mu’in Hamisyi  I’anatutholibin III /24

عبارة  فتح الوهاب هامش البجيرمى 2/176- 177
وشرط فى المعقود عليه مثمنا أو ثمنا خمسة أ مور أحدها طهلر له او إمكانطهره بغسل فلايصح بيع نجس ككلب وخمر وغيلرهما مما هو نجس العين  .
لاىىلاىلا22
وعبارة تح المعين هامش الاعانة 3/ 24
وحرم بيع نحو عنب ممن علم او ظن انه يتخذه خمرا للشرب _ الى انقال _ ونحو

ذلك من كل تصرف يفضى الى معصية يقينا او ظنا  اهـ .


18.  Pertanyaan :
Bagamana hukum menjual pensiunan ?

Jawaban :
Hukumnya tidak sah karena barangnya tidak bisa diserah terimakan dan tidak bisa    diketahui besar kecilnya penseunan tersebut .

Keterangan :
       Fathul Wahab I/158
      
والشرط فى المعقود عليه مثمنا اوثمنا خمسة امور احدها طهر- الى ان قال- وثالثها قدرة تسليمه  - والى قوله _ وخامسها علم للعاقدين به عينا او قدرا او صفة اهـ. 


19.  Apakah orang yang menjual-belikan Al Qur an diharuskan beragama Islam ?

Jawaban : 
   Harus beragama Islam. Karena orang kafir memiliki Al Quran      adalah termasuk penghinaan hal tersebutlah yang tidak sahnya jual beli tersebut .

Keterangan :

  Fathul wahhab II/174

وعبارة فتح الوهاب جز 2/174


 ( وإسلام من يشترى له ) ولو بوكالة ( مصحف أونحوه ) ككتب حديث أو كتب علم فيها آثار السلف إلى أن قال لما فى ملك الكافر للمصحف ونحوه من الإهانة.

20.       Apakah termasuk RIBA jual beli beras yang satu dengan takaran dan yang
Satunya lagi dengan menggunakan timbangan ?

            Jawaban :
Termasuk riba karena timbangan dengan takaran belum bisa diyaqini   akan kesamaannya .


      Keterangan :
            Al Mahalli II/167


وعبارة المحلى جز 2/167
 إذا بيع الطعام بالطعام إن كانا أى الطعام من الطرفين جنسا واحدا كحنطة اشترط فى صحة البيع ثلاثة أمور: الحلول والمماثلة والتقابض ( قوله والمماثلة ) أى فى متحد الجنس يقينا اهـ


21.   Ada orang membeli tanah yang ada tanamannya dan tanaman tersebut sudah dibeli oleh orang lain.apakah tanaman tersebut dapat dimiliki oleh oraang yang membeli tanah?


Jawaban :
      Tanaman tersebut tetep menjadi haqnya orang yang membelinya ( Pembeli
      Pertama )

Keterangan :
      I’anatut Tholibin III/41
وعبارة اعانة الطالبين 3/41
ويدخل فى بيع بستان وقرية ارض وشجر اى ومحل دخولها كما سيصرح به قريبا ان كانت مملوكة للبائع اهـ.

22.         Bagaimana hukumnya memakan makanan diwarung yang menjual berbagai macam makanan haram, seperti bakso babi, didih, sate kodok dan lain-lain?

Jawaban :
      Hukumnya ditafsil (perinci):
·         Apabila tidak jelas bahwa makanan tersebut adalah makanan yang haram atau makanan yang terkena najis hukumnya halal
·         Apabila nyata jelas makanan tersebut haram atau terkena najis hukumnya  adalah haram.


Keterangan :
1.      Al Asybah wan Nadloir 487
2.      Bugyatul Mustarsydin 15
3.      I’anatut Tholibin I/105
4.      Sirajut Tholibinn I/502

عبارة الأشباه والنظائر 47
( والثالث ) ما يرجح فيه الاصل على الاصح وضابطهان يستند الاحتمال الى سبب ضعيف وامثلته لاتكاد تحصر منها الشئ الذى لا يتقين بنجاسته ولكن الغالب فيه النجاسة كاوانى وثياب مدنى الخمر والقصابين والكفار المتدينين بها كا المجوس ومن ظهر اختلاطه بالنجاسة وعدم اخترازه منها مسلمل كان او كافرا كما فى
شرح المهذب عن الامام........ الى ان قال وفى جميع ذلك قولان اصحهما الحكم بالطاهرة استصحابا للاصل اهـ

عبارة بغية المسترشدين ص 15
  (مسئلة) خذ قائدة ينبغى الاعتناء بها لكثرة فروعها ونفعها وهى كل عين لم تتيقن نجاستها لكن غلبت النجاسة فى جنسها كثياب الصبيان وجهلة الجزارين والمتدينين من الكفار بالنجاسة كاكلة الخنازير ارجح القولين فيها العمل بالاصل وهو الطهارة نعم يكره استعمال كل ما احتمل النجاسة على قرب وكل عين تيقنا نجاستها ولو بمغلظ ثو احتمل طهارتها ولو على بعد لاتنجس مالاقته فحينئذ لايحكم بنجاسة دكاكين الجزارين والحوتيت وزوارتهمالتى شوهدت الكلاب تلحسها اولايحكم بنجاسة اللحم او الحوت الموضوع عليها ومالاقاه من ابدان الناس الا ان شوهد ملاقتها للنجاسة فتكون البقعة التى لحسها الكلب نجسة وكذا مالاقاها يقينا بمشاهدة اواخبار عدل مع الرطوبة قبل احتمال طهرها بمرور سبع جريات بماء بتراب طهور ولايتعدى حكمها لباقى الدكان فضلا عن غيره وكل لحم وحوت وغيرهما 
خرج من تلك الاماكن محكوما بطهارته الا ما تيقن
ملاقاته لنفس المحل المتنجس ولم يشق ويعم الابتلاء به والا ما عفى عنه ايضا قاله ابو قصام وخالفه ابن حجر وفى النهاية والضابط ان كل ما يشق الاحتراز عنه غالبا يعفى عنه.

عبارة اعانة الطالبين 1/105
ذا ثبت اصل فى الحل اوالحرمة  اوالطهارة اوالنجاسة فلايزال الا باليقين فلو كان معه اناء من الخل او لبن المأكول اودهنه فشك فى تخمره لم يحرم التناول

23.  Jual beli orang awam (orang yang belum/tidak mengerti bab jual beli) seperti yang yang berlaku setiap hari. Sahkah jual beli tersebut. Harta itu menjadi harta apa? Dan bagaimana caranya agar harta itu menjadi halal?

Jawaban :
      Jual beli itu hukumnya sah menurut pendapat ulama’ yang memperbolehkan Baiul mu’athah.

Keterangan :
1.      Bugyatul Mustarsyidin Hal 10 & 124
2.      Al Bajuri 1/341
3.      Ihya’ Ulumuddin II/65




24.  Pertanyaan :
Bagaimana hukum jual belinya anak kecil  ?

      Jawaban :
   Dalam konsep syara’ seseorang yang akan melakukan transaksi Harus memenuhi kriteria sebagai berikut : Baligh, berakal, tidak terpaksa, rosyid (cakap). Yang didalam format fiqh disebut  mutlaquttasaruf, sehingga transaksi yang dilakukan oleh anak-anak kecil dan orang orang yang tidak memenuhi kriteria diatas hukumnya tidak sah .Namun demikian ada sebagian ulama’ yang memberi kelonggaran dengan disamakan dengan jual–beli muatoh (jual beli tanpa ijab Kabul). Dengan syarat barang–barang tersebut kategori remeh atau bukan barang-barang mahal. Maka menurut pendapat tersebut hukum jual belinya anak kecil sah untuk barang–barang yang harganya murah.

      Keterangan :
      Kifayatul Akhyar  I/240
وعبارة كفاية الاخيار  1/240
قلت ومما عمت به البلوى بعثان الصغائر لشراء الحوائج واطردت فيه العادة فى سائر البلاد وقد تدعو الضرورة الى ذلك فينبغى الحاق ذلك بالمعاطة اذا كان الحكم دائر مع العرف مع ان المعتبر فى ذلك التراضى ليخرج بالصيغة عن اكل مال الغير بالباطل فانها دلة على الرضا فاذا وجد المعنى الذى اشترطت الصيغة لاجله فينبغي ان يكون هو المعتمد بشرط ان يكون الماخوذ بعدل الثمن اهـ.


25.  Pertanyaan:
Bagaimanakah ukuran kriteria muhaqorot (barang-barang remeh) ?

Jawaban :
Dalam konsep syara’ tidak diterangkan batasanya dengan jelas, seperti halnya ukuran sedikit banyaknya najis, sedikit banyaknya nafkah dan sebagainya. Dalam hal demikian ulama’ sepakat mengembalikan batasannya kepada ‘urf (anggapan umum masyarakat).Sehingga barang–barang yang dianggap remeh dalam ukuran umum masuk dalam kategori muhaqorot. Dan diperbolehkan jual-belinya anak kecil ataupun jual-beli mu’atoh (jual-beli tanpa ijab – qobul.)

Ketarangan :
Faridatul Bahiyyah             
عبارة فريدة البهية :

كل ما لم ينضبط شرعا ولا #
  وضعا فاللعرف رجوعه انجلى        

26.  Pertanyaan :
Bagaimana hukum jual beli Tanpa ijab qobul ?

Jawaban  :
Pada dasarnya jual beli yang tidak dengan ijab Kabul adalah tidak sah, karena ijab Kabul merupakan salah satu daripada rukun jual beli. Sehingga  jual beli yang tidak dengan ijab Kabul hukumnya sebagaimana sholat yang tidak ada ruku’ dan sujud yang merupakan bagian dari rukun sholat . Namun demikian kejadian semacam itu telah banyak terjadi dimasyarakat semenjak dulu ,
maka semua ulama’ menyimpulkan bahwa inti dari jual beli adalah tarodli (saling merelakan) maka semua jual beli yang sudah memenuhi ketentuan itu hukumnya sah walaupun tanpa ijab qobul. Demikian pula akad yang dilakukan orang-orang yang tidak memenuhi syarat jual beli.

Ketrangan :
Al Jamal Ala Syarhil Minhaj III/8
Ittikhofus Sadah VI/291
عبارة الجمل على شرح المنهاج  3/8
انما البيع عن تراض والرضا خفى فاعتبر ما يدل عليه من اللفظ فلا بيع بمعاطة ويرد كل ماأخذه بها أو بدله ان تلف.

27.  Pertanyaan :
Bagaimana hukum jual beli buah–buahan yang masih dalam tanah?
     
      Jawaban :
   Salah satu daripada syarat barang yang akan dijual belikan adalah, jelas barangnya ,jenis , macam dan kadarnya . Sedangkan buah- buahan yang masih didalam tanah tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka hukum jual belinya tidak sah . Sementara itu Imam Abu Hanifah tidak memasukan kejelasan barang yang dijual belikan sebagai syarat jual beli.
   Keterangan :
   Bajuri 2/515/cetakan 1994 Darul Fikri

عباىة الباجورى 2/515د ار الفكرى
ومن هذا تعلم أن بيع البصل والحرز والفجل والقلقاس وغيرها من كل مستور بالأرض لا يصح, نعم يصح بيع الخس والكرنب لأن ما في الأرض منهما غير مقصود لأنه يقطع ويرمي. 


28.  Pertanyaan :
            Bagaimanakah jual beli ayam dengan cara ditimbang           

      Jawaban  :
   Kejelasan barang yang dijual belikan  sebagai syarat sahnya jual beli dapat diketahui dari salah satu empat standar ukuran.Yaitu takaran seperti minyak. timbangan seperti mas, perak, beras dan gandum, meteran seperti.tanah dan kain., Satuan seperti kendaraan, hewan dan sebagian buah-buahan seperti durian, semangka dan sebagainya . Bilamana barang yang dijual dapat diketahui dari
salah satu ukuran, maka hukumnya sah .walaupun tidak dengan standar yang baku seperti misalnya beras dengan timbangan seperti hewan dengan timbangan. Dan bila hewan itu sudah  disembelih sehingga menjadi daging, maka harus sudah dibersihkan dari semua yang tidak diperlukan seperti bulu dll.

   Keterangan :   
1. Hasyiyah Al Jamal juz III hal.43
2. Nihayatuzzain hal. 228

وعبارة حاشية الجمل الجزء الثالث  ص43

 (قوله أيضا وتعتبر رؤية تليق) فلا تصح بيع اللبن فى الضرع الى ان قال....ولا المذبوح او جلده او لحمه قبل السلخ او السمط لخهالته وكذا مسلوخ لم ينق جوفه كما قاله الأذرعى

 

وبيع وزنا فإن بيع جزافا صح بخلاف السمك والجراد فيصح مطلقاة لقلة ما فى جوفه . حاشية الجمل الثالث الاول صـ 43

 

وعبارة نهاية الزين ص228   

والرابع كونه معلوم القدر بكيل فىمكيل  او وزن فى موزون او ذرع فى مذروع ويجوز التقدير بالوزن فى جميع ذلك الى ان قال ومحل جواز كيل الموزون ان عد الكيل فى مثله ضابطا والاكتفاء المسلم والعنبر تعين وزنه لان يسيره المختلاف بالكيل والوزن مالية كثيرة بخلاف اللألئ الصغار لقلة تفاوتها كالقمح والفول اهـ


29.  Pertanyaan :
   Bagaimanakah hukum menjual kain dengan timbangan  ?

   Jawaban  :
   Hukumnya diperbolehkan sama dengan jual beli ayam dengan timbangan.

30.  Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya jual beli borongan yakni menjual tanpa menyebutkan  standar ukurannya ?
     
Jawaban :
Hukum jual beli barang yang disaksikan kedua pihak walaupun tanpa dijelaskan dan tanpa diketahui ukurannya hukumnya sah karena dengan penyaksian keduanya berarti sudah jelas ukuran dan jenisnya hanya saja ketepatan ukuran yang tidak dimengerti dan ini sudah dianggap cukup dalam pandangan fiqih sebagaimana seseorang menjual setumpuk beras tanpa diketahui berapa kathi /kilo gram.

Catatan
Jual beli seperti ini bisa dijadikan solusi untuk menjual barang yang diragukan ukurannya sehingga dari pihak penjual tidak usah menyebutkan ukurannya dengan kata lain penjual menyatakan saya menjual gula  atau beras apa adanya diwadah ini.

Keterangan
Al Jamal Ala Syarhil Minhaj III/39
عبارة الجمل على شرح المنهاج 3/39
(فرع) بيع المشاهدة من غير تقدير كصبرة الطعام والبيع به اي بالمشاهدة من غير تقدير كصبرة الدراهم صحيح وان لم يعرف قدرها اكتفاء بالمشاهدة.

8. Bagaimana hukumnya jual beli dengan cara lelang dengan prinsip mencari harga  yang tertinggi ?

jawaban :
Jual beli dengan cara lelang dalam pengertian dengan ditawarkan pada siapapun    yang berani dengan harga paling mahal  Hukumnya sah.

Keterangan :
Sulamuttaufiq   hal. 54
عبارة سلم التوفيق  54
(أو البائع) بان يقول له استرد المبيع لاشتريه منك باكثر (بعد استقرار الثمن) بالتراضى به صريحا ولا بد ايضا بعد التراضى به من المواعدة على ايقاع عقد به وقت كذا فلو اتفقا عليه ثم افترقا من غير مواعدة لم يحرم السوم حنئيذ وخرج باستقرار الثمن ما لو كان المبيع يطاف به على من يزيد فيه فلا يحرم ذلك.

31.  Bagaimana menjual susu yang masih didalam puting hewan ?

Jawaban:
Hukumnya tidak sah. Karena tidak diketahui barang yang dijual ukurannya. 


Keterangan :
Al jamal Ala Syarhil Minhaj  III/43

عبارة الجمل على شرح المنهاج  3/43
فلا يصح بيع اللبن فى الضرع وان حلب منه شيئ ورؤية قبل البيع للنهى عنه ولاختلاطه بالحديث ولعدم تيقن وجود قدراللبن المبيع ولعدم رؤيته.

32.   Bagaimana hukum jual beli kelapa yang masih ada kulitnya ?

Jawaban:
Barang yang terbungkus bilamana bungkus tersebut mempengaruhi keawetan barang yang didalamnya yang sehingga bila dilepas barang didalamnya akan mudah rusak maka, hukumnya boleh dijual meskipun tertutup dalam bungkus tersebut . Sedang bilamana bungkus tetsebut tidak terlalu berpengaruh maka hukumnya tidak sah menjualnya dalam bungkus tersebut. Maka dari itu jual beli kelapa yang masih dalam kulit serabutnya hukumnya tidak sah . Adapun dalam kulit tempurung maka hukumnya sah
Keterangan :
Fathul Mu’in hamisy I’anah  III/11

عبارة فتح المعين على هامش الاعانة 3/11
وتكفى رؤية بعض المبيع ان دل على باقيه كظاهر صبرة نحو بر وأعلى المائع ومثن انموذج متساوى الاجزاء كالحبوب او لم يدل على باقيه بل كان صوانا للباقى فى بقائه كقشر رمان وبيض وقشرة سفلى لنحو جوز فيكفى رؤيته لأن صلاح باطنه فى ابق
ولايكفى رؤية القشرة العليا اذا انعقدت السفلى

33.  Bolehkah membeli barang yang hanya dilihat dalam kaca etalase ?

Jawaban :
Diantara syarat sahnya barang yang dijual harus diketahui barangnya dengan dilihat secara sempurna  bagian-bagian yang dianggap perlu maka bilamana barang yang dijual hanya dilihat dibalik kaca hukumnya tidak sah, sebab tidak bisa dilihat dengan sempurna / maksimal .

Keterangan:
Al Jamal Ala Syarhil Minhaj  III/42
عبارة الجمل على شرح المنهاج  3/42
(فرع) لايكفى رؤية المبيع من وراء زجاج ولا ماء صاف
34.  Bagaimana hukum jual belinya orang buta ?

Jawaban :
Hukum jual beli dan transaksi lain yang didalamnya ada persyaratan untuk melihat barangnya hukumnya tidak sah sebagaimana trasaksi jual beli, sewa–menyewa dan penggadaian barang.

Catatan :
Adapun solusi yang dapat dilakukan orang buta tersebut untuk bisa memperoleh dan menjual beli barang adalah mewakilkannya kepada orang lain
وأماما يعتمد فيه الرؤية كا لبيع والإجارة والرهن فلا يصح منه  وان قلنا بصجة بيع الغائب , وطريقه أن يوكل فيه.

35.  Bagimanakah hukum jual beli ayam Bangkok ?

jawaban :
Hukum jual beli ayam Bangkok ditinjau dari sah dan tidaknya hukumnya adalah sah bilamana memenuhi persyaratan-persyaratan yang lain . Namun demikian ditinjau dari haram dan tidaknya maka hukumnya sbb:
1.       Bilamana ayam Bangkok tersebut dijual pada orang               penyabung ayam sehingga diyakini bahwa ayam tersebut akan disabung maka hukumnya haram
2.       Bilamana ayam Bangkok tersebut  dijual pada penggemar ayam, yang suka mengoleksi jenis-jenis ayam yang tidak pernah menyabung ayam maka hukumnya boleh (jawaz)
3.       Bilamana ayam Bangkok tersebut dijual pada orang yang dimungkinkan disabung dan mungkin pula tidak maka hukumnya makruh .


      Ketarangan :
      AL Bajuri
      Asyarqowi  14 / II
عبارة الشرقاوى 14 / 2
(وبيع العنب ممن يتخذه خمرا والسيف ممن يقتل به غيره ) هو اعم من قوله المسلمين (ظلما والشبكة ممن يصطاد) بها (فى الحرام والخشب ممن يتخذه منه الملاهى) لتسببه فى الحرام ومثلها بيع المماليك المراد من عرف با لفجور
فيهم ومحل تحريم بيعه ذلك ممن ذكر إذا تحقق او ظن انه يفعل ذلك فان توهمه كره

36.  Bagaimankah hukum menjual kotoran binatang ?

Jawaban :
Hukum menjual kotoran binatang adalah tidak sah karena syarat dari pada barang yang diperjual belikan harus suci.

Keterngan :
Fafhul Qorib  hal. 30
عبارة فتح القريب 30
(ولايصح بيع عين نجسة) ولامتنجسة كخمر ودهن وخل ومتنجس ونحوها ومما لايمكن تطيره.

37.  Bagaiamana hukumnya jual beli obat-obatan terlarang ?

Jawaban :
            Hukum jual belinya tidak sah. Karena tidak memenuhi syarat jual beli yaitu bisa diambil manfaat menurut standar syara’ .

            Keterangan :
Al fiqhu Ala Madzahibil ‘arba’ah   39 / 5

     عبارة الفقه على المذاهب الأربعة 39/ 5
وردت عنه احاديث كثيرة تفيد ان ما حرم الله الإنتفاع به ,يحرم بيعه واكل ثمنه , فيتناول التحريم بيع هذه المخذرات لما يترتب على ترويجها من المفاسد , والمضاربين
أفراد الأمة . فهو كالمكتسبب فى هلاكها ,ودمارها , بل انه يقتل الانفس , ويضيع الأموال , فهى وإنكانت تجارة فى ظاهرها
كما يظن بعض الناس  , لكنها تجارة بأرواح الناس , وفساد الشباب , وضياع الأخلاق , وهلاك الأمة . فلا يشك فى حرمة لإتجار بها  وإنها تعين على معصية .
38.  Bagaimana hukum membeli Al qur’an dari  non muslim  ?

Jawaban  :
Tidak sah . Sebab dalam pandangan syara’ ada beberapa barang yang disyaratkan  penjual maupun pembelinya harus Islam seperti halnya barang–barang fital yang menunjang pertahanan Islam seperti jual beli peralatan perang atau perkara yang sangat diagungkan seperti Alqur’an, Hadis dan Ilmu– ilmu syari’ah lainnya .

Ketarangan :
Mughnil Muhtaj 23/ IV
عبارة مغنى المختاج   23/ 4
(ولا يصح شراء الكافر  )ولو مرتدا لنفسه او لمثله ( المصحف ) كله او بعضه ولا يتملكه بسلم ولا بهبة ولا وصية ولا كتب حديث ولا أ ثار سلف ولافقه فيها من الثلاثة لما فى ذلك من الإهانة لها .

39.  Bolehkah orang Islam membeli Injil ?

Jawaban :
Hukumnya adalah tidak sah kecuali hanya untuk dimanfaatkan kertasnya atau kulitnya saja .

Ketarangan :

Najmul Wahhaj 23/ IV 7
عبارة نجم الوهاج 23 /4
قال صاحب الوافى : لايصح بيع التورة والإنجيل إلا ان ينتفع بورقها او جلدها .
40.  Bagaimana memperjual belikan hewan seperti, kera ,burung, kucing  ?

Jawaban :
Boleh bilamana sudah memenuhi syarat dan rukun jual beli diantaranya adalah dapat diambil manfaat.  Bilamana kera, burung dan kucing itu sudah terlatih sehingga bisa dimanfaatkan seperti untuk berburu maka hukum jual belinya sah. Dan bila belum maka hukumnya tidak sah. Kecuali untuk semisal burung yang memang untuk dimikmati kicauanya.

Keterangan :
Najmul Wahaj 31/IV

عبارة نجم الوهاج 31 / 4
ويجوز بيع ما ينتفع بتعلمه كالقرد او بصيده  كالصقر والهرة .....
ويصح بيع الطاووس ونحوه للإستمتاع بصورته والعندليب ونحوه للإستمتاع بصوته

41.   Bagaiman  jual beli dengan dua macam harga yang berlainan antara cash dan kridit , antara kridit berjangka pendek dan berjangka panjang ?

Jawaban:
Menjual barang dengan dua macam harga jika dilakukan dalam satu akad  hukumnya tidak boleh dan tidak sah . Tetapi jika dilakukan dengan akad mustaqil (akad yang terpisah), hukumnya boleh dan sah .

Keterangan:
1.      Tuhfatul Muhtaj Hamisy Al  Bujairimi,294 / IV
2.      Fathul Wahab ,165 / I

عبارة تحفة المختاج بهامش الشروانى 294/4
وعن بيعتين , رواه الترمذى وصححه بأن أي كأن يقول : بعتك بألف نقدا وألفين الى سنة فخذ بأيهما شئت أنت وأنا أو شاء فلان للجهالة بخلافه بألف نقدا وبألفين لسنة وبجلاف نصفهبألف ونصفه بألفيناهـ.
وعبارة فتح الوهاب 36/1
(و) عن (بيعتين فى بيعة) رواه الترمذى وغيره وقال حسن صحيح(كبعتك ) هذا بألف نقدا او بألفين لسنة ) فخذها بأيهما شئت أو شاء وعدم الصحة فيه للجهل بالعوض .        

Artinya
Tentang dua pola penjualan pada satu barang tertentu, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzy dengan kualitas matan hasan dan sanad sohih , adalah , seperti” Aku jual
barang ini  seribu   secara kontan atau dua ribu untuk jangka waktu satu tahun . Maka  ambilah , yang mana anda atau ia sukai “.Ketidak

13
absahan.pola penjualan ganda seperti ini , adlah karena tidak diketahui pengganti yang sepadan ( dengan selisih harga yang ada)


42.  Bagaimanakah hukumnya menjual buah-buahan yang masih muda dalam keadaan  masih dipohon ?

Jawaban :
Hukum menjual buah-buahan yang masih di pohonnya hukumnya adalah tidak sah , kecuali bilamana ketika akad   pihak penjual mensyaratkan agar langsung dipetik .

Keterangan :
`AL Bajuriy 350 / I

بارة الباجورى 350/ 1
لايجوز بيع الثمرة فى كل حال إلا بعد بدوصلاحها فيجوز بشرط القطع وبشرط الإبقاء.

Artinya:
Tidak boleh menjual buah–buahan dalam keadaan apapun kecuali telah tampak tanda-tanda kematangannya . Dan diperbolehkan bilamana dalam akad disyaratkan langsung di petik dan, dengan syarat menetapkan

43.  Bagaimana hukum jual belinya makelar ?

Jawaban :
Hukumnya sah,  apabila mengikuti bab wakalah. Apabila tidak maka tidak sah. Demikian pula apabila mengikuti bab bai’ yang memenuhi syarat-syaratnya maka juga sah.
14
Ketrangan :
Syarqowi   107 / II
Fathul Mu’in   hal. 67
وعبارة شرقاوي  107 / 2
تصح الوكالة فى العقود وغيرها الا فى المجهول مطلق (فى العقود ) كبيع وهبة ووصية وحوالة
وعبارة فتح المعين  67
ولو قال متوسط للبائع بعت فقال نعم او اي وقال للمشترى  اشتريت فقال نعم صح.

44.  Bagaimanakah hukum jual beli uang (money chegr )

Jawaban :
Hukum jual belinya adalah tidak sah .

Keterangan :
Assyarqowi 31/ II
عبارة الشرقاوى 31/ 2
(قوله فى النقد ) خرج به العروض كالفلوس فلا ربا فيها وإن راجت رواج النقود  و إنما اختص النقد بذلك لوقوعه ثمنا للأشياء غالبا وذلك منتف عن العروض واخترز بالغلبة عن الفلوس أذا راجت رواج النقود .

45.  Bagaimana hukumnya membuka warung makan di bulan puasa?

Jawaban :
Bilamana di yakini makanan itu untuk membatalkan puasa wajib (bagi orang yang sudah berkewajiban puasa) maka hukumnya adalah
15
haram, bilamana tidak demikian seperti, untuk makan anak kecil atau orang yang sedang sakit maka, hukumnya tidak haram.

Keterangan :
Assyarqowi 14 / II
عبارة الشرقاوى 14/ 2
ويعلم من ذلك كما قاله م ر  حرمة إطعام مسلم مكلف كافرا مكلفا فى نهار رمضان وكذا بيعه طعاما علم او ظن أنه يأكله نهارا لأن كلا من ذلك
تسبب فى المعصية وأعانة عليها بناْ على الراجح من تكلف الكفارى بفروع الشرعية

46.  (A) menjual barang pada (B), kemudian (B) menyerahkan dengan perjanjian kalau jual belinya diteruskan persekot tersebut dianggap sebagai cicilan. Jika akad jual beli itu tidak di teruskan maka uang tersebut dianggap hilang (menjadi milik A )
   Pertannyaan :
Bagaiman hukum jual beli tersebut dan bagaimana hukum persekot tersebut ?
    
   Jawaban :
Jual beli tersebut hukumnya tidak sah dan uang persekot tersebut harus dikembalikan kepada si B .

Keterangan :
Qulyubi wa’umairoah   186 / II
عبارة المحلى بهامش قليوبى وعميرة  186 / 2



لايصح بيع العربون بفتح العين والراء وبضم العين واسكان الراء بان يشتري ويعطيه دراهم لتكون من الثمن ان رضى السلعة والا فهبة الى ان قال وعدم صحته لاشتماله على الشرط الرد والهبة ان لم يرضى السلعة.

 
47.  Bagaimana hukum jual beli cek seperti halnya membeli cek senilai satu juta rupiah yang  jatuh tempo satu bulan dengan harga Rp 950.000  ?

Jawaban  :
Permasalahan ini ada dua pendapat yang berangkat dari sudut pandang yang berbeda :
a.    Mengkategorikan cek sebagai sesuatu yang bermanfaat dengan pengertian bahwa ; kertas itu dapat digunakan untuk mengambil sejumlah uang disebuah lembaga keuangan yang berarti menurutpendapat ini jual belinya dianggap sah sebagaimana laayaknya jual beli barang- barang       yang lain  dengan  harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, walaupun dengan ketentuan harga yang tidak sesuai dengan isi cek tersebut.
Hal ini juga disepakati Muktamar NU Ke 27 Di Situbondo (jawa timur )
b.      Cek hanyalah secarik kertas yang berfungsi sebagai tanda pembayaran atau semacam kwitansi sehingga, jual belinya dianggap tidak sah karena tidak termasuk kategori muntafa’ bih (sesuatu yang tidak dapat diambil manfaat) Sebagaimana disebutkan dalam kitab Al Fiqhul Al  Islami .
Pendapat ini yang dipilih oleh Majma’ Al Fiqhi Al Islami Majlis Fiqih Internasional .

      Keterangan :
Fiqhul Islami   hal  5199

عبارة فقه الاسلامى  ص 5199
 الأوراق التجارية (الشكا - السنتدات لأمر – سندات السحب ) أمن   أنواع التوثيق المشروع للدين بالكتابة
ان حسم (خصم) الأوراق التجارية غير جائز شرعا لأنه يؤول إلى ربا النسيئة المحرم. 
     
48.  Bagaimanakah penggunaan cek untuk pembayaran barang yang         dibeli ?

Jawaban :
      Bila mengikuti pendapat pertama berarti dibolehkan sebagaimana jual beli dengan barter sedang mengikuti pendapat kedua tidak boleh.

Keterangan:
Ta’bir mengacu pada ta’bir diatas.
     
Catatan :
Mengingat persoalan ini merupakan mas’alah baru sudah barang tentu nash mantuq dari kitab – kitab salaf tidak ada. Kedua pendapat diatas hanyalah hasil kajian (ijtihad ) ulama’ kontemporer, sehingga seyogyanya kita meruju’ da’mayuribuk  ila malaa yaribuk (tinggalkan apa yang  jadi keraguan dan lakukan apa yang kau tidak ragukan ) sekira kita mampu manghindari dari transaksi dengan cek kita tinggalkan dan bilamana kita tidak bisa mengelak sebaiknya kita ikuti hasil mu’tamar NU.